Selasa, 22 Juli 2014

Ancaman tidak ada Golput pun terjadi !

BANDA ACEH - Salah satu penyebab mengapa angka Golput pada Pilpres 2014 di Aceh cukup tinggi karena tak ada acaman yang memaksa warga untuk ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Hal itu dikatakan Andi, aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) ACSTF pada dialog Aceh Election Club di Banda Aceh pada Jumat (17/7) lalu. Menurut hasil pemantauan yang mereka lakukan di beberapa kabupaten kota hampir tak ada intimidasi terhadap pemilih.

“Kami melakukan pemantauan soal indikator rendahnya pemilih. Dari adaerah yang kita pantau hanya sekitar 57 persen partsisipasi pemilih,” katanya.

Ada tiga penyebab yang menjadi kesimpulan mengapa golput begitu tinggi. Pertama laki-laki banyak yang tidur pada pagi hari karena semalam bergadang nonton Piala Dunia. Kedua faktor Ramdhan, di kawasan pantai barat selatan banyak yang melakukan sulok.

“Kemudian tidak ada ancaman yang mengharuskan masyarakat untuk memilih,” tambahnya.

Data dari pusat pengaduan atau SMS Center untuk Pilpres kali ini tidak ada satupun kasus yang masuk. Dibandingkan pada Pileg 9 April banyak laporan kekerasan yang masuk ke SMS Center.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar